Cara Menghemat Baterai Smartphone Android

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android - Baterai merupakan salah satu komponen terpenting pada smartphone android. Untuk bisa melakukan penghematan baterai smartphone tidaklah mudah. Bahkan dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai terbaik pun kadang tidak bisa berkerja secara maksimal untuk dapat menghemat baterai.
Ada banyak sekali faktor yang dapat menguras kekuatan baterai smartphone android. Terutama terknologi layar bawaan smartphone android seperti AMOLED dan LCD merupakan faktor terbesar yang dapat menguras daya baterai sehingga harus me charger baterai jika akan habis. Jika terlalu sering di charger akan membuat baterai cepat panas. Akibat fatalnya akan membuat baterai jadi ngedrop. Jika sudah begini , mau tidak mau kalian harus membeli baterai yang baru. Berikut saya akan memberikan sedikit tips untuk menghemat baterai smartphone android.


Cara Menghemat Baterai Smartphone Android


1 . Pakailah Walpaper Hitam

Jika smartphone android kalian memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan smartphone samsung), Gunakanlah walpaper berwarna gelap karena layar AMOLED hanya memerangi bagian layar yang berwarna saja. AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting diode) sesuai namanya , layar AMOLED terdiri dari bahan organik yang akan menghasilkan cahaya ketika ada aliran arus listrik



2 . Atur Tingkat Kecerahan Layar

Dengan mengatur tingkat kecerahan layar serendah mungkin sangat efektif sehingga bisa mengurangi daya baterai yang dipakai untuk menerangi layar karena jika dipakai untuk menghidupka cahaya yang terang dibutuhkan daya baterai yang tinggi. Jangan menggunakan fitur auto brightness yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya ambient ruang karena fitur tersebut akan memberikan tingkat kecerahan lebih dari yang kalian butuhkan.



3 . Atur Waktu Tidur Smartphone Android 

Waktu tidur yang dimaksud disini adalah waktu ketika layar mati secara otomatis saat smartphone android tidak digunakan. Ideal nya jika layar semakin lama menyala , semakinbanyak pula daya baterai yang terkuras. Bisa di bayangkan , jika waktu tidur layar android diatur untuk tidur dalam hitungan menit maka konsumsi baterai yang dihasilkan empat kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan mengaturnya hanya dalam waktu 15 detik.



4 . Matikan Fitur Pintar Android 

Fitur pintar seperti auto rotation (rotasi layar otomatis) membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Begitu juga dengan air gesture yang kebanyakan dimiliki p;eh perangkat Samsung high end. Memang fitur pintar tersebut nyaman sekali dipakai tetapi jangan kaget jika daya baterai yang di pakai akan terkuras lebih banyak.


5 .  Matikan Getaran Dan Umpan Balik 

Dengan mematikan getaran (vibrate) akan berpengaruh untuk menghemat baterai android karena motor elektrik yang digunakanuntuk menggerakan getaran akan menguras energi yang besar pada baterai android. Semakin sering digunakan maka semakin banyak pula energi baterai yang terbuang. Maka dari itu , matikan saja sistem getar baik saat ada telfon masuk , SMS , atau getaran umpan balik (haptic feedback) .


6 .Gunakan Pemberitahuan Layar Kunci 

Gunakan pemberitahuan layar kunci , terutama jika android memiliki layar AMOLED karena dapat melihat pemberitahuan sekilas tanpa harus membuka seluruh layar android kalian. Jika ada pemberitahuan yang tidak penting masuk ke android , apakah kalian akan menyia-nyia kan daya baterai hanya untuk melihat pemberitahuan yang tidak penting tersebut. Pemberitahuan layar kunci standar ada pada android Lollipop. Jika kalian menggunakan android Kitkat atau sistem operasi yang lebih tua , coba gunakan widget layar kunci yang ada di playstore



7 . Matikan GPS , Bluetooth , NFC , Wi-Fi dan Data 

Matikan GPS , Bluetooth , NFC Wi-Fi dan Data android jika tidak di pergunakan karena jika semua menyala tentu mereka akan terus mencari sinyal meskipun sebenarnya fitur tersebut tidak kalian pakai. Proses pencarian sinyal inilah yang akan menguras daya baterai android kalian.




8 . Kurangi Widget 

Kurangi widget yang tidak benar - benar dibutuhkan terutama yang terhubung ke internet seperti widget cuaca. Jika kalian memiliki beberapa widget di beberapa layar home yang terus ter sinkronisasi dan memperbaharui,seperti Twitter , Facebook , Gmail dan banyak lagi makan widget tersebut akan menguras baterai android kalian.



9 . Gunakan Mode Hemat Baterai

Android Lollipop memiliki mode hemat baterai (power saver) standart yang akan bekerja jika baterai android dalam keadaan low battery . Power saver tersebut akan meredupkan layar dan mematikan semua aplikasi yang berjalan ketika baterai dalam keadaan low.



10 . Matikan Fitur OK Google 

"OK Google" pencarian suara Google adalah fitur fantastis dan sangat fungsional. Masalahnya adalah jika fitur tersebut terus menerus aktif maka hal itu bisa menyebabkan baterai android terkuras lebih cepat karena fitur ini akan selalu mendengarkan perintah dari kalian meskipun smartphone android dalam keadaan tidur. Langkahnya adalah masuk ke "aplikasi penelusuran suara". Pilih Setelan > Suara > Lalu pilih "deteksi OK Google. Dalam menu ini , untuk mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama , bisa non aktif semua pilihan.







Demikian beberapa tips tentang Cara Menghemat Baterai Smartphone Android yang bisa kalian praktekan sendiri untuk menghemat baterai smartphone android kalian agar tidak cepat habis . jika kalian punya cara yang lain untuk menghemat baterai smartphone android bisa tinggalkan komentar dibawah.

Previous
Next Post »